KPU membuka ruang manipulasi Data Bagi Calon DPD

Dalam era reformasi ini keterbukaan informasi menjadi hal yang utama, sehingga masyarakat bisa memantau langsung perkembangan demokrasi di indonesia. Untuk itu sarana media masih menjadi tonggak utama dalam penyebaran informasi,karena akses informasi ini sangant di butuhkan masyarakat dalam mengiringi proses demokrasi yang sedang berjalan.

Pemilu 2009 sudah di depan mata, KPU dan dewan pers telah mengggagas aturan main kampanye melalui media, sehingga petunjuk pelaksana dan petunjuk teknisnya dapat di jalankan oleh para kandidiat. Yang menjadi pertanyyan buat saya adalah, kenapa KPU tidak memasukkan syarat bagi para calon DPD untuk mempublikasikan daftar nama calon pendukungnya di media lokal atau media nasional.

Karena ini rentan akan manipulasi data para pendukung yang di daftarkan oleh calon DPD, siapa yang bisa menjamin kalau dukungan yang berupa KTP itu di ketahui oleh oleh pemilik KTP tersebut. Karena banyak beredar issue penjualan foto copy KTP pada saat persyaratan di buka bagi calon DPD, dan ini tidak di ketahui oleh pemilik KTP tersebut.

Untuk membuktikan isssue tersbut dan sebagai bentuk keterbukaan informasi, seharusnya KPU mengantisipai hal tersebut dengan memasukkan syarat bagi para calon DPD untuk mempublikasikan  daftar para pendukungnya melalui media lokal atau media nasional. Sehingga apabila ada manipulasi data, maka dengan sendirinya masyarakat yang KTP nya di daftarkan sebagai pendukung tetapi mereka tidak mengetahui kalau mereka di daftarkan sebagai pendukung akan melapor ke Bawaslu.

Di sini kemudian peran masyarakat dalam proses demokrasi tidak termarginalkan, dan kesadaran masyarakat untuk menjaga proses demokrasi di indonesia akan meningkat.

Sudah saatnya  hak politik rakyat tidak lagi di marginalkan

One response to “KPU membuka ruang manipulasi Data Bagi Calon DPD

  1. Negeri kita, memang aneh, maksud baik tetapi selalu hasilnya membuat kita sering kaget.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s