Reformasi 98 dan Politik Hegemoni Orba

Reformasi 98 yang diharapkan dapat membawa perubahan signifikan tehadap kesejahteraan rakyat melalui tonggak perlawanan mahasiswa terhadap cengkraman kekuatan kapital industri yang masuk melalui tangan – tangan politik Orde baru, sehingga mengeksploitasi segala sumber daya alam bangsa ini dan memeras keringat rakyat melalui kekuatan negara.

reformasi begitu saja berlalu tanpa membawa angin segar bagi keadilan dan kesejahteraan rakyat indonesia, perubahan hanya terlihat pada hegemoni politik negara ini yang ternyata disambut oleh kekutan mahasiswa untuk terus menaikkan dan menjatuhkan presiden.

Mati surinya cita-cita reformasi semakin terlihat jelas oleh rakyat dengan patahnya harapan rakyat terhadap simbol kekuatan mahasiswa yang telah lepas dari platform perjuangan rakyat, kembalinya kekuatan aktivis mahasiswa 98 baru – baru ini dalam PENA 98 ataupun KNA 98 pun lebih mencerminkan hegemoni politik kekuasaan negara dan ternyata masih dimainkan oleh kekuatan Orde Baru yang pasca 98 mulai membelah diri.

Kegetiran dan kepahitan pada kelangsungan ekonomi rakyat semakin terasa, dengan kebutuhan hidup yang semakin tinggi dan terus meningkatnya harga sembako. Bagimana ini bisa berakhir ketika sumber daya alam bangsa ini terus dieksploitasi, diperlukan kekuatan dari anak bangsa ini untuk terus memperjuangkan aset sumber daya alam.

2 responses to “Reformasi 98 dan Politik Hegemoni Orba

  1. Bener juga bro…….gw melihat Gerakan mahasiswa kebingungan menentukan arahnya ketika sukses paska turunnya Soeharto…..

    Semoga hal ini tidak benar…..semoga saja

  2. sayangnya arah gerakan mahasiswa tidak pernah terlepas dari instrumen politik negara, sejak mulai dari gerakan mahasiswa 60 – 98. entry point dari aktivis mahasiswa adalah kekuasaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s